PELAKSANAAN PENCACAHAN SURVEI NASIONAL LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN (SNLIK) - News - BPS-Statistics Indonesia Musi Rawas Regency

Sectoral statistics are statistics that are utilized aimed at meeting agency needs certain governments in the context of carrying out government tasks and development tasks is the main task of government agencies concerned. ​

Alamat Pelayanan Statistik Terpadu (PST) Badan Pusat Statistik Kabupaten Musi Rawas JL. Lintas Sumatera Komplek Perkantoran Pemkab Musi Rawas, Kawasan Agropolitan, Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas 

Welcome to the website of the Central Bureau of Statistics for the Regency of Musi Rawas

PELAKSANAAN PENCACAHAN SURVEI NASIONAL LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN (SNLIK)

PELAKSANAAN PENCACAHAN SURVEI NASIONAL LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN (SNLIK)

January 24, 2024 | Other Activities


Hai #SahabatData


Pada bulan Januari ini BPS Kabupaten Musi Rawas melaksanakan kegiatan pendataan yang bekerjasama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Kegiatan tersebut adalah Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024. Kegiatan ini merupakan kegiatan baru bagi BPS.


Pelaksanaan survei ini di dahului dengan pelatihan petugas yang telah dilaksanakan pada bulan Desember 2023 lalu.


Pencacahan di lapangan di dahului dengan pemutakhiran muatan wilayah kerja (Blok Sensus)yang berlangsung 9-16 Januari 2024.

Dilanjutkan dengan pencacahan sampel rumah tangga yang dijadwalkan mulai 17 Januari sampai dengan 5 Februari 2024.


Adapun tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui indeks literasi (pengetahuan) dan inklusi (keterlibatan) keuangan masyarakat, mengukur efektivitas program edukasi dan literasi keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan.


Untuk Kabupaten Musi Rawas jumlah petugas pencacah lapangan adalah sebanyak 3 orang dan pemeriksa lapangan 1 orang. Petugas pencacah lapangan merupakan mitra statistik yang sudah direkrut pada proses rekrutmen mitra tahun lalu.

Sedangkan pemeriksa lapangan merupakan pegawai BPS Kabupaten Musi Rawas. 


Wilayah sampel tersebar di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas antara lain BTS Ulu, Jayaloka, Sumber Harta, Megang Sakti, Muara Beliti, Purwodadi, Muara Lakitan, Muara Kelingi dan STL Ulu. 

Dimana masing-masing desa akan terpilih sampel sebanyak 10 rumah tangga.


Metode survei yang digunakan adalah wawancara tatap muka dengan menggunakan Computer Assisted Personal Interview (CAPI).


Jumlah pertanyaan yang akan ditanyakan kepada rumah tangga sampel adalah 18 pertanyaan.

Adapun data yang dikumpulkan yakni mencakup keterangan tentang perbankan, pasar modal, perasuransian, lembaga pembiayaan, dana pensiun, pergadaian, lembaga keuangan mikro, Fintech P2P Lending, serta keterampilan sikap dan perilaku keuangan.


#DataMencerdaskanBangsa

#Humas1605

#humasbpskabupatenmusirawas

#SNLIK2024

#BPSKabupatenMusiRawas


Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Musi RawasKomplek Perkantor Pemkab.Musi Rawas Agropolitan Center

Telp (0733) 4540088

Faks (0733) 4540088

Mailbox : bps1605@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia